6 Efek Samping Suntik Kb 3 Bulan, Apakah Bahaya Jika Berhenti?

6 Efek Samping Suntik Kb 3 Bulan, Apakah Bahaya Jika Berhenti?
Apakah bunda masih menggunakan suntik KB 3 bulan sekali, atau sudah berhenti menggunakannya? Lalu apa efek samping suntik KB 3 bulan bagi perubahan tubuh bunda. Nah disini saya akan memberikan ulasannya untuk bunda dan mama mengenai semua itu yaitu tentang Suntik KB 3bulan sekali.

6 Efek Samping Suntik Kb 3 Bulan, Apakah Bahaya Jika Berhenti?

Melakukan suntik KB 3 bulan sekali adalah alat kontrasepsi yang mengandung progestin yang menyerupai hormon progesteron yang diproduksi oleh ovarium. Setelah melakukan suntik kb 3 bulan progestin menimbulkan efek yang dapat menebalkan leher rahim sehingga sperma sulit bergerak menuju ke dalam rahim.

Keuntungan penggunaan suntik KB 3 bulan ini relatif aman saat ibu menyusui dan tidak memberikan efek pada produksi ASI pada ibu, selain itu jika anda ingin berhenti suntik kb 3bulan tak perlu repot cukup bunda menghentikannya saja pemakaian kb pada saat itu juga. Namun yang perlu bunda tau ada beberapa efek suntik kb 3 bulan yang harus diketahui.

Efek Samping Suntik Kb 3 Bulan

1. Siklus menstruasi

Perubahan pada siklus menstruasi  adalah efek samping yang sering terjadi pada wanita setelah melakukan suntik KB 3 bulan. Suntik KB dapat menyebabkan menstruasi menjadi lebih panjang atau lebih pendek yang kadang tidak bisa kita ketahui kapan datangnya. Namun bunda jangan khawatir karena efek samping  seperti ini.

2. Kenaikan berat badan

Berat badan akan naik saat menggunakan kb suntik 3 bulan, kenaikan badan bertambah antar 1 sampai 2 kg per tahun. Untuk itu penting buat bunda untuk mengatur pola makan yang sehat agar badan terjaga danvtetap ideal.

3. Gairah menurun

Semakin bertambahnya kadar lemak membuat kadar air berkurang dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan Misv menjadi lebih kering. Kondisi ini mampu menimbulkan rasa sakit pada saat berhubungan yang sering membuat gairah menurun bagi sebagian wanita.

4. Sakit kepala, nyeri pyudara

Kejadian ini merupakan efek samping yang timbul dari perubahan hormonal setelah melakukan suntik progestin ke dalam tubuh. Untuk mengurangi nyeri akibat efeksamping ini bunda bisa minum parasetamol.

5. Sakit dab nyeri saat menstruasi

Sebelum melakukan suntik kb 3 bulan saat datang menstruasi tidak merasa nyeri, namun setelah pemakean suntik KB 3 bulan menstruasi terasa sakit dan nyeri maka alangkah baiknya konsultasikan ke dokter tentang masalah ini.

6. Berjerawat

Perubahan yang juga sering terjadi akibat KB suntik 3 bulan yaitu dapat memberikan efek samping seperti, penyumbatan pori pori sehingga munculnya jerawat. Hal ini disebabkan oleh Hormon progestin yang menimbulkan kelenjar minyak dan lemak di wajah menjadi berlebihan.

Selain masalah di atas, kembalinya menstruasi akan cukup lama karena efek samping berhenti KB suntik 3 bulan. Menstruasi dapat terjadi kembali rata-rata 6-12 bulan setelah berhenti suntik KB dan jika sudah melewati 6-12bulan maka terjadi kondisi kesuburan yang normal.

Jadi jika bunda ingin berhenti menggunakan kb suntik 3 bulan, bunda tinggal menghentikannya saja kapan pun yang bunda inginkan.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. terimakasih..

Sumber referensi:
Popmama.com
Alodokter.com Ibu Dan Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel