Rahasia Sukses Diet DEBM Pemula, Kurus Dalam Seminggu

Rahasia Sukses Diet DEBM Pemula, Kurus Dalam Seminggu
Rahasia Sukses Diet DEBM Pemula, Kurus Dalam Seminggu

Rahasia Sukses Diet DEBM Pemula, Kurus Dalam Seminggu – Bagi pemula seperti saya pasti bingung deh apa yang di maksud diet debm ini. Lagian diet kok bisa makan enak, bahagia, dan menyenangkan? Dan katanya juga kita tetap bisa makan sampai kenyang.

Semua itu memang betul asal yang dimakan bukan makanan yang mengandung gula, tepung-tepungan, dan karbohidrat lainnya seperti nasi, aneka jenis mie, kentang, ubi, buah-buahan, singkong, dan tahu tempe juga pantang untuk di makan.

Loh lagi diet kok tidak boleh makan buah-buahan, gimana toh? Yup, ini merupakan salah satu tata cara diet debm yaitu tidak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung gula seperti pepaya, mangga, semangka, pisang, melon, pisang, dan hampir semua buah pantang kecuali buah alpukat.

Nah pasti sekarang di benak Anda berkata, buah alpukat kan mengandung lemak yang cukup tinggi? Mungkin sebagai pemula kita sering bertanya-tanya. Disini saya jelaskan sendikit tentang apa itu diet debm ya, semoga membantu. 🙂

Sebenarnya apa diet DEBM itu?

Jadi singkatnya resep diet debm itu merupakan diet rendah karbo, tinggi lemak, dan protein. Bisa dikatakan cara diet debm ini mengurangi karbo namun kita dituntut mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan protein seperti telur, daging ayam, ikan, daging sapi, daging kambing, udang, aneka seafood seperti cumi-cumi, kepiting, jeroan dan kerupuk kulit.

Makannya berlemak kok bisa kurus? Yup, karena ketika tubuh kita dalam keadaan rendah karbo, tubuh mulai menggunakan lemak sebagai bahan bakar dalam beraktifitas.

Untuk jenis karbo yang perlu di hilangkan seperti yang saya katakan di atas.

Yaitu roti (entah itu roti gandum sekalipun), nasi walaupun itu nasi dari beras merah, beras hitam dan beras ketan, mie, gula, kentang, ubi, buah-buahan (buah hanya boleh alpukat), singkong dan tahu tempe pun tidak di perbolehkan untuk di konsumsi.

Untuk buah juga demikian, di dalam menu diet debm pemula hanya buah alpukat yang sangat direkomendasikan untuk di konsumsi. Sedangkan untuk buah yang boleh-boleh saja sedikit dikonsumsi adalah buah apel, pir, strawberry, jeruk nipis, dan jambu air. Sedangkan sayuran yang direkomendasikan yaitu buncis, wortel, rebung, sayuran daun, dan lobak.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Menu Diet DEBM Pemula

Berikut ini adalah cara paling gampang untuk memulai diet DEBM bagi pemula. Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan yang merupakan diet tanpa obat, tanpa menahan lapar, tidak harus olahraga namun kita tetap anjurkan untuk tetap olahraga ringan, tanpa makan buah, tanpa makan sayur yang berlebihan, tanpa ubi, dan tanpa singkong.

Jadi aturan diet debm atau tata cara diet debm yang harus diperhatikan adalah Anda harus konsisten dan jangan lupa jangan makan gorengan ya!

Karena walaupun diet debm diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang berminyak, namun gorengan mengandung tepung terigu padahal dalam diet debm tidak boleh mengkonsumsi karbo dari tepung.

Untuk tata cara menu diet debm secara lengkap mari simak ulasannya seperti berikut ini.

Sarapan Pagi Diet Debm Pemula

Agar tidak lemas dalam aktifitas, dalam menu diet debm diwajibkan untuk sarapan pagi. Sarapan pagi yang paling mudah dan gampang untuk diet debm pemula adalah sarapan dengan 2 buah telur rebus. Telur rebus bisa diganti dengan ikan / ayam / keju / alpukat.

Jika bosan dengan telur rebus, telur bisa diolah menjadi orak arik telur, telur ceplok, telur dadar keju, telur balado (tanpa gula), oseng telur, sate telur puyuh, dan aneka masakan telur lainnya. Asal dimasak dengan bumbu secukupnya dan pastinya tanpa gula.

Untuk pagi hari diwajibkan hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung protein hewani. Jadi telur tidak boleh dicampur dengan sayuran. Sayuran hanya boleh dikonsumsi pada siang hari lalu sore hari sebelum pukul 18.00 atau jam 6 sore.

Anda boleh memasak dengan minyak dan boleh pakai bumbu apa saja. Seperti garam, vetsin, penyedap rasa asal jangan pakai gula dan kecap manis.

Contoh menu diet debm sederhana dan murah:

Senin: Orak-arik telur campur keju, nyemilnya alpukat dan segelas air putih hangat. Bisa juga di ganti dengan teh hijau dan kopi pahit tanpa gula.

Selasa: Mr. Gun / Mr.Gunawan gundul menawan alias telur rebus 2 butir yang di tabur sedikit bon cabe. Minuman bebas.

Rabu: 1 Buah telur ceplok dan ayam goreng balado. Minum bebas boleh air putih, kopi, teh pait. Yang penting tanpa gula!

Kamis: Udang goreng + telur dadar dan susu protein jika ada.

Jum’at: Telur rebus 1 butir + sate telur puyuh secukupnya sampai kenyang.

Sabtu: 2 buah telur asin + kerupuk kulit.

Minggu : Ayam goreng + omelet telur.

Silahkan kreasikan saja telur / ayam / seafood / daging sapi / saging kambing sesuai selera, asal tidak pakai sayuran dan gula.

Makan Siang dan Makan Malam Diet Debm Buat Pemula

Nasi, mie, atau buah di ganti dengan buncis, wortel, sayuran daun seperti daun singkong atau keju. Anda boleh memilih untuk langsung mengganti semua nasi dengan buncis dan wortel atay bisa secara bertahap.

Dimulai dari mengkonsumsi 1/2 nasi dengan buncis dan untuk makan setiap kali harus ada protein hewani seperti telur dadar, ikan, keju, daging, dll.

Pada jam 09.00 pagi dan jam 15.00 sore selalu ingat untuk minum 3 gelas air putih atau lebih banyak semampunya. Dan bebas minum air putih seberapa banyak di luar jam 09.00 pagi dan jam 15.00, namun minimal 3 gelas air putih di jam 09.00 pagi dan jam 15.00 sore hukumnya wajib dilakukan.

Jika bosan mengkonsumsi air putih, saat sarapan 2 telur rebus bisa diganti dengan kopi tawar tanpa krimer atau gula. Sedangkan untuk makan siang dan makan sore/malam bisa mengkonsumsi teh tawar.

Dan jika ingin mencicipi minuman kopi sura atau susu sura (kopi santan sun kara) dalam hari itu anda tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat sama sekali.

Kopi sura memang bagus untuk memperlancar buang air besar dan cepat bikin kurus asal tidak di barengi dengan mengkonsumsi kabohidrat sama sekali. Jadi dalam hari itu Anda tidak boleh makan nasi, umbi-umbian, tepung-tepungan, wortel maupun labu kuning.

So, bagi Anda yang masih pemula dalam menjalankan diet debm yang belum bisa konsisten untuk menghindari karbo saya sarankan jangan sekali-kali minum kopi sura atau susu sura karena akan membuat Anda menjadi cepat gemuk.

Diet debm Bagi pemula makan malam dibatasi sampai jam 18.00 atau jam 06.00 sore saja. Jika jam 21.00 atau jam 09.00 malam lapar boleh makan keju, alpukat, 1 butir telur atau agar-agar plain dengan sedikit yoghurt.

Dalam resep menu diet debm semua makanan boleh pakai minyak, boleh pakai garam tapi tanpa gula maupun tepung.

Intinya dari semua penjelasan di atas adalah setiap kali makan harus ada protein hewani (contoh: telur, ikan, keju atau daging).

Menu Diet debm Pemula Siang dan Malam 

Orak-arik telur, tumis cumi, goreng ikan laut atau ikan asin, telur dadar, ayam bakar tanpa kecap, sayuran wortel, jus tomat, tumis pokcoy, tumis rebung, sup ikan, sup ayam, dll.

Jadi kalau siang boleh di kombinasikan dengan sayuran.

Berbeda dengan malam, lebih baik makan malam hanya dengan makanan tinggi protein dan lemak. Misal ayam goreng + alpukat keju, jus alpukat tanpa gula, udang goreng dll sesuai selera. Tidak boleh pakai sayur ya.

Bagi anda yang masih bingung bagaimana memulai diet debm untuk pemupa, berikut contoh bahan-bahan untuk memulai menu diet debm murah meriah yang dapat Anda coba.

Aneka bahan pangan (tumbuhan atau sumber karbo) pengganti nasi yang juga sangat enak dan mengenyangkan tapi tidak bikin gemuk, malah tolak gemuk jika digunakan sebagai pengganti nasi.

Antara lainnya adalah :

  • Tomat
  • Brokoli
  • Asparagus
  • Rebung
  • Wortel
  • Buncis
  • Semua jenis sayuran daun seperti bayam, daun singkong, daun pepaya, daun ubi dll
  • Alpukat
  • Jamur
  • Lobak
  • Pakcoy
  • Buncis
  • Paprika
  • Cabai

Syarat Memasak Resep Menu Diet DEBM Pemula


  • Boleh pakai garam
  • Boleh pakai minyak (rekomendasi minyak lemak ayam atau minyak kelapa merek barco
  • Dan setiap kali makan karbo di atas (kecuali alpukat) harus ada protein hewani misal makan tomat harus bersama-sama keju parut / keju goreng atau telor.
  • Kenapa pola makannya begini? Tujuannya adalah agar kita merasa kenyang lebih lama serta protein hewani meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh sehingga cepet mengempiskan perut.

Bagi yang sering merasa lapar, Anda bebas mengkonsumsi makanan apa saja kecuali makanan larangan yang sudah saya sebutkan di atas.

Kalau lapar Anda boleh makan sate ayam tanpa bumbu kacang, tanpa kecap tanpa bumbu gula lainnya. Jadi cukup sate ayam tanpa bumbu, bisa juga makan sate kambing, ayam bakar, ikan bakar, bakso sosis bakar namun untuk sosis dan bakso diwajibkan makan sosis dan bakso bikinan sendiri yang tentu saja tanpa tepung terigu dan bahan karbo lainnya.

Terus lagi bagi yang pengin minum susu, Anda boleh minum susu produk hewani seperti susu full cream maksimal 125 ml dalam sehari tapi jangan terlalu sering. Dan perlu diperhatikan produk susu tersebut jangan sampai ketemu alpukat karna akan membuat Anda cepat gemuk bukan malah jadi kurus.

Untuk minuman Yakult, Anda juga dibolehkan meminumnya namun maksimal 1 botol dalam sehari dan minumnya sedikit demi sedikit tidak langsung dihabiskan. Jadi 1 botol itu untuk pagi sampai sore.

Jika sudah mengkonsumsi Yakult Anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi susu UHT atau susu full cream serta yoghurt dalam hari yang sama.

Anda juga boleh minum susu kambing dan mengkonsumsi butter sesekali jika Anda ingin mengkonsumsinya.

Sedangkan untuk bumbu dapur, gunakan kunyit, bawang merah/bawang putih, batasi bawang bombay, jahe, kencur, kayu manis, pala, cengkeh, ngo-hiong, santan kental (sun kara). Untuk santan tidak boleh memakai santan yang di parut dari kelapa tua langsung. Namun hanya boleh sun kara.

Bagi yang suka minuman dingin, Anda boleh sekali mengkonsumsi air es. Asal jangan pakai sirup, gula maupun pemanis lainnya.

Jadi sekali lagi saya katakan kalau menu diet debm itu boleh makan apa saja dengan minyak, boleh makan garam, panggang, dan rebus asal tanpa gula, tanpa nasi, tanpa tepung, tanpa karbo.

Karbo: Gula, nasi, mie, susu kental manis, kentang, ubi, singkong, pisang, pepaya (semua buah kecuali alpukat adalah karbo).

Pantangan Diet Debm

Pola makan gemuk: Tidak sarapan atau sarapan salah, minum kopi atau teh manis, makan mie atau nasi goreng tengah malam, jarang makan sekalinya makan banyak, ngemil buah pisang / gorengan / gorengan tepung seperti bakwan dan mendoan, makan buah kebanyakan, makan malam berkarbo yang kemalaman.

Kebiasaan Agar Diet DEBM Sukses Sampai Berhasil

Pola Makan Sehat: Sarapan tinggi protein dan lemak, minum teh atau kopi pantang gula dan krimer, makan tanpa karbo tengah malam misal makan agar-agar tanpa rasa / plain, sering makan terutama protein hewani dalam jumlah kecil, ngemil keju / ikan / sate tanpa bumbu dan kecap / kerupuk kulit, makan buah secara bijak dan makan malam tanpa karbo.

Nah, sampai sini mudah-mudahan sudah jelas ya tata cara menjalankan diet debm pemula ini.

Apakah sudah berniat untuk menjalakan Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan ini? Khusus untuk Busui atau Ibu Ibu menyusui jika ingin mengembalikan berat badan ke ideal dan ingin diet debm disarankan mulai diet ketika sudah tidak menyusui lagi ya.

Demikian mengenai panduan dan cara diet debm ini, jika Anda lakukan ini dalam 1 minggu saja, bukan tak mustahil Anda bisa lebih langsing dan ideal!

Menurut pendapat saya pribadi menu diet debm ini paling mudah dilakukan, karena walaupun merupakan diet tanpa nasi tapi menu makanannya enak-enak dan kita bebas ngemil kapan saja asal yang di cemilin alpukat, keju, puding, atau agar-agar tanpa gula atau makanan yang terbuat dari ayam, udang dll.

Bagi yang pengin banget makan mie dan susu, kalian bisa konsumsi mie sirataki yang dimasak dengan bumbu Indomie goreng / kuah, di bikin mie ayam, sop tomyam, atau sirataki goreng bumbu bawang / kuah sesuai selera.

Mie Sirataki ini teksturnya kenyal banget, mirip kwetiauw tapi lebih kering dan enak dibandingkan kwetiauw biasa. Terbuat dari umbi-umbian jadi rendah karbo dan boleh banget dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalankan diet DEBM.

Nah untuk susunya boleh konsumsi susu protein. Susu protein ini salah satu pendukung diet DEBM karena mengandung protein yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk sarapan, sebelum tidur, dan juga sebelum atau setelah berolahraga.

Kenapa? Jawabannya adalah ketika berolahraga kita membutuhkan protein yang cukup banyak untuk pembentukan masa otot. Semakin banyak konsumsi susu protein saat gym dan olahraga cepat juga membuat massa otot naik.

Buktikan praktekan Rahasia Sukses Diet DEBM Pemula, Kurus Dalam Seminggu (Diet Enak Bahagia Menyenangkan) ini. Semoga bermanfaat.

Sumber: Doyanresep.com Diet Sehat Gaya Hidup

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel