14 Ide Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Yang Mudah Dilakukan

14 Ide Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Yang Mudah Dilakukan
Bisnis sampingan mahasiswa

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Yang Mudah Dilakukan - Sebagai seorang mahasiswa tentunya dituntut oleh orang tuanya untuk konsentrasi belajar dan kelak memperoleh nilai kelulusan yang memuaskan sedangkan kebutuhan hidup mereka ditanggung oleh orang tuanya. Ada sebagian mahasiswa yang tidak mau berpangku tangan, mereka terjun langsung dan belajar mendapatkan penghasilan dari hasil jerih payah sendiri. Namun di sisi lain, banyak juga diantara mereka yang masih berpikiran bahwa menjalankan bisnis sampingan akan mengganggu kuliah yang sedang ditempuh. Sebenarnya banyak bisnis sampingan yang dapat dijalankan mahasiswa tanpa mengganggu jadwal perkuliahan yang mereka tempuh.

Masa kuliah dan masih berstatus mahasiswa adalah suatu saat yang baik untuk mengawali bisnis sampingan. Bisnis sampingan akan berguna bukan hanya untuk mendapatkan pendapatan tambahan tetapi juga menambah pengalaman wirausaha. Ilmu yang didapat dari perkuliahan dapat langsung dipraktekan ke dunia nyata.

Jenis bisnis sampingan yang bisa dilakoni oleh para mahasiswa tergantung lokasi di mana mereka tinggal.  Ada beberapa jenis usaha yang sering dilakukan oleh mahasiswa seperti dibawah ini:

14 Ide Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa 

1. Ojek atau Taksi Online

Waktu senggang di antara jam kuliah atau selepas kuliah bisa pula dimanfaatkan dengan menjadi sopir ojek seperti grab, gojek atau taksi online. Penghasilan sebagai pengemudi transportasi online digadang-gadang bisa melebihi karyawan tetap, lho. maka dari itu cocok sekali buat kalian yang ingin menjalankan usaha sampingan untuk karyawan.

2. Bisnis Online Shop

Peluang bisnis untuk mahasiswa selanjutnya adalah online shop. Di sini mahasiswa dapat menjual berbagai macam baju, celana/rok, pernak-pernik, dan berbagai jenis sepatu. Ada banyak forum jual beli online yang menawarkan kemudahan transaksi di dunia maya. Penjualan tidak hanya ditujukan kepada teman-teman kampus, tetapi juga kepada pelanggan lain di dunia maya. Ada beberapa situs jual beli yang dapat dimanfaatkan untuk menjual barang milik pribadi ataupun milik orang lain. Kalau tidak memiliki barang, Anda dapat menjualkan barang dari beberapa situs reseller maupun dropship. Jadi, modal yang dibutuhkan tidak banyak, tetapi hasilnya lumayan, tergantung seberapa tekun menjalankan usaha ini.

3. Bisnis Les Privat

Bisnis sampingan untuk mahasiswa berikutnya adalah bisnis les privat, yaitu bisnis untuk memberikan pelajaran les privat kepada beberapa anak, mulai SD, SMP, sampai SMA, tergantung keterampilan. Misalnya, mahasiswa jurusan ilmu eksak atau sains dapat memberikan pelajaran biologi, kimia, matematika, atau fisika. Bahkan, dapat memberikan pelajaran yang bersifat umum semisal bahasa Inggris. Bisnis ini memberikan dua keuntungan, yaitu menambah uang saku dan memperdalam penguasaan materi. Biasanya peluang bisnis ini laris ketika akan diadakan ujian nasional (UN). Sebab ada banyak anak yang ingin makin memperdalam mata pelajaran yang diujikan secara nasional melalui les privat.

4. Bisnis Jualan Makanan Kecil

Jika kantin kampus letaknya cukup jauh dari ruang kuliah, ada sebuah bisnis yang dapat dijalankan, yaitu bisnis menjual makanan kecil. Peluang bisnis ini muncul saat pergantian mata kuliah dan ada waktu jeda singkat di antaranya. Momen ini adalah peluang untuk berjualan makanan kecil di ruang kelas. Sebab makanan kecil, seperti snack dan air mineral sangat dibutuhkan untuk mengganjal perut yang lapar ketika sedang kuliah.

5. Bisnis Jasa Pengetikan dan Print

Bisnis jasa pengetikan dan print merupakan bisnis sampingan yang menjanjikan bagi mahasiswa, terutama bagi yang tinggal/indekos di sekitar lingkungan kampus. Kuliah identik dengan berbagai macam tugas yang mesti diberikan dalam bentuk cetakan. Dibandingkan mencetak tugas sendiri, saat ini masih banyak mahasiswa yang memilih untuk menggunakan jasa pengetikan dan print. Alasannya dikarenakan masih banyak mahasiswa yang tidak mempunyai perangkat cetak dan tidak ada waktu untuk mengetik serta mencetak tugas tersebut.

Untuk membuka usaha ini, diperlukan kemampuan dalam pengetikan. Sebab biasanya pelanggan akan kembali bila hasilnya memuaskan. Cukup memiliki laptop/komputer dan printer sebagai modal utama. Untuk menghemat biaya, Anda bisa membeli perangkat bekas yang masih bagus dengan harga yang lebih murah.

6. Bisnis Bimbingan Belajar

Sejauh ini selalu ada saja mahasiswa yang membutuhkan bantuan orang lain yang lebih menguasai mata kuliah tertentu untuk menaikkan Indeks Prestasi (IP). Tentu ini adalah peluang usaha bagi seorang mahasiswa  yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan bisnis bimbingan belajar. Bisnis ini dapat dilakukan sendiri atau bersama orang lain yang kompeten dalam bidang tersebut. Dalam menjalankan bisnis bimbingan belajar, sebaiknya jangan hanya terbatas pada bidang akademis. Bisnis ini dapat dikembangkan hingga bidang non akademis, seperti mengemudi, olah vokal, renang, bermain gitar, dan sebagainya. Sewaktu menjalankan bisnis ini, perlu kesabaran ekstra dalam memberikan bimbingan.

7. Bisnis Online Programmer Web dan Blogger

Untuk mahasiswa jurusan Teknologi Informasi (TI), ada bisnis online yang sangat cocok dijalankan. Jasa yang ditawarkan berhubungan dengan mata kuliah yang dipelajari, yaitu bisnis online programmer web dan blogger. Anda dapat membuat situs, blog, atau e-commerce yang menghasilkan pemasukan pasif.

Ada banyak cara monetize blog, seperti ikut Pay-Per-Click (PPC), pasang iklan, atau menjual produk dari blog. Jika situs/blog tersebut banyak dikunjungi dan mendapat tempat di hati pembaca, berikan penawaran kepada perusahaan yang memiliki relevansi dengan konten yang dimuat untuk beriklan di halaman utama. Dengan begitu, perusahaan tersebut akan dikenal pembaca situs/blog dan Anda mendapat keuntungan.

8. Bisnis Jasa Pembuatan Website

Saat ini hampir setiap perusahaan, sekolah, dan kampus sudah mempunyai website sendiri. Bahkan, banyak website personal/blog bertebaran di internet. Ini merupakan peluang usaha yang sangat menguntungkan bagi mahasiswa yang dapat membuat website dengan cara membuka jasa pembuatan website. Untuk menjalankan bisnis sampingan untuk mahasiswa ini, diperlukan keterampilan dalam mengolah kode Personal Home Page (PHP) atau Active Server Pages (ASP) secara manual dan dapat menggunakan Content Management System (CMS), seperti Wordpress.

9. Bisnis Jasa Penerjemah

Bisnis sampingan menjadi jasa penerjemah termasuk bisnis yang simpel sehingga banyak mahasiswa yang telah memulai bisnis ini karena hanya membutuhkan keterampilan serta tidak membutuhkan modal yang besar dan banyak peralatan. Cukup menyediakan perangkat ketik semisal laptop, gadget, atau komputer. Bisnis ini tidak terbatas hanya untuk mahasiswa, tetapi bisa juga untuk pelajar atau orang umum yang memerlukan jasa penerjemah. Untuk memulai bisnis ini, diperlukan kemahiran berbahasa asing. Bisnis ini sangat cocok dijalankan mahasiswa jurusan bahasa, seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Belanda, bahasa Mandarin, dan bahasa lainnya.

Jasa prngiriman barang

10. Bisnis Jasa Pengiriman

Peluang bisnis mahasiswa berikutnya adalah bisnis yang memanfaatkan motor, yaitu bisnis jasa pengiriman untuk mengantar barang yang ada di sekitar kampus. Bisnis ini merupakan bisnis yang terbilang menguntungkan karena tidak memerlukan modal besar. Dalam menjalankan bisnis jasa pengiriman ini, yang terpenting harus mempunyai kendaraan dan mengenal baik wilayah pengiriman.

11. Bisnis Jasa Desain Grafi

Bagi mahasiswa yang senang dengan desain grafis serta mempunyai keahlian, mereka dapat memulai bisnis jasa desain grafis dengan menawarkannya kepada mahasiswa lain atau mungkin dosen. Bisnis ini menuntut keterampilan mahasiswa dalam mengoperasikan software semisal Photoshop untuk melakukan desain grafis. Dengan ketrampilan desain yang dimiliki, mahasiswa dapat memperoleh banyak untung dari kliennya dalam mengerjakan tugas desain grafis teman, jasa desain kaos, jasa desain website, jasa edit foto, dan jasa desain lainnya.

12. Bisnis Jasa Tour and Travel

Untuk mahasiswa yang senang dengan wisata alam dan melakukan traveling, serta dapat merencanakan perjalanan wisata maka dapat memulai bisnis jasa tour and travel ke tempat wisata dalam negeri ataupun luar negeri. Bisnis ini memberikan keuntungan ganda, yaitu keuntungan berupa uang dan keuntungan dapat ikut merasakan wisata. Bisnis ini dapat dimulai dengan mengumpulkan mahasiswa yang ingin liburan, bahkan dapat dikembangkan dengan melayani tour orang umum.

13. Bisnis Pertunjukan Seni

Bagi mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam pertunjukan seni, seperti musik, tari, atau drama, dapat membentuk kelompok dan mengikuti acara yang dapat mengembangkan bakat dan menghasilkan uang. Contohnya, menjadi penari di panggung panggung tari atau pemain drama di teater. Bagi yang suka bermain musik band, dapat mulai mengumpulkan personel band dan tampil di kafe-kafe yang menyediakan fasilitas full music.

14. Bisnis Jasa Fotografi dan Video

Bisnis untuk mahasiswa yang berikutnya adalah peluang bisnis sampingan yang berhubungan dengan hobi, yaitu menjalankan bisnis jasa fotografi dan video. Banyak orang yang suka difoto dan direkam aktivitasnya karena hasilnya menjadi memori yang diabadikan. Bisnis ini berpotensi besar kalau diatur dengan baik. Untuk memulai bisnis ini, harus mempunyai keahlian dalam menyusun gambar atau video.

Bisnis sampingan untuk mahasiswa bukan selalu berarti menandakan ketidakmampuan finansial. Bisa saja mahasiswa itu ingin mempraktikkan ilmu yang ia dapat di kampus sedini mungkin.

Pengalaman bisnis sampingan, terutama yang selaras dengan jurusan yang diambil, pasti akan mempermudah kita mencari kerja kelak ketika lulus. Bukan rahasia lagi, persaingan pencari kerja makin ketat. .

Sebenarnya masih banyak peluang bisnis sampingan bagi mahasiswa. Dengan berpikir yang kreatif,  mulailah melatih jiwa bisnis anda dan mencoba membangun bisnis anda sendiri. Hal utama yang pertama harus dimiliki adalah impian. Memang ketika bisnis sudah berjalan akan ditemukan hambatan-hambatan yang menghadang. Harapan selalu  ada, so… jangan menyerah! Kegagalan bukanlah masalah dan yang terpenting adalah bangkit kembali setelah kegagalan. Bisnis Peluang Usaha

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel