15 Cara Mengobati Sakit Gigi Yang Berlubang Dengan Cepat

15 Cara Mengobati Sakit Gigi Yang Berlubang Dengan Cepat
Sakit gigi, gigi berlubang, mengobati sakit gigi
Sakit Gigi

Liputan6.com, Jakarta - Sakit gigi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling menyiksa. Sakit kepala, demam, hingga nyeri atau rasa cenut-cenut yang menyertainya bisa membuat penderita sakit gigi jadi tersiksa. Bahkan, bisa mempengaruhi mood atau suasana hati.

Sakit gigi sering disebabkan oleh gigi berlubang yang diakibatkan oleh ulat dan bakteri. Bisa juga ketika gigi hendak tanggal, hal yang biasa terjadi pada anak-anak yang dalam masa berganti gigi susu ke gigi dewasa. Gigi berlubang memang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa hingga lansia. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang akibat ulat gigi.

Penyebab Gigi Berlubang

1. Cara menyikat gigi yang salah dapat menimbulkan sakit pada gigi. Mungkin ada sebagian yang beranggapan, Yang penting sikat gigi supaya mulut enggak bau. Hal ini tentu merupakan cara berpikir yang salah. Karena jika Anda asal-asalan menyikat gigi, maka sisa makanan yang ada pada gigi Anda tidak akan terbasmi dengan sempurna. Hal ini akan menyebabkan kuman-kuman pada sisa makanan membuat gigi Anda berlubang dan menimbulkan ulat gigi di dalamnya. Maka dari itu, mulailah terapkan cara menyikat gigi dengan benar selama minimal 2 menit.

2. Jarang menyikat gigi
Penyebab sakit gigi karna berlubang selanjutnya adalah jarang menggosok gigi. Ketika Anda jarang dan malas menggosok gigi Anda, maka bakteri dan kuman dari sisa-sisa makanan akan berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan ulat gigi pada gigi yang berlubang. Rajinlah menyikat gigi 2 kali sehari. Setelah sarapan dan sebelum tidur.

3. Alat menyikat gigi salah
Memakai sikat gigi dan pasta gigi yang tidak sesuai ternyata dapat menyebabkan lubang pada gigi Anda. Misalnya mulut Anda kecil namun memakai sikat gigi yang besar. Hal ini tentu akan membuat sikat gigi tidak dapat menjangkau semua gigi Anda dengan sempurna sehingga sisa makan yang tertinggal dalam mulut tidak terbasmi dengan baik dan dapat mengakibatkan sakit gigi.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis
Rasanya hampir semua makanan mengandung gula atau perasa makanan manis. Ketika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, bakteri justru semakin nyaman bersarang di mulut Anda. Bakteri yang berkembang akan mengubah zat-zat menjadi asam laktat yang kemudian mulai mengikis gigi secara perlahan sehingga terjadilah sakit gigi.

5. Karies gigi
Penyebab gigi berlubang terakhir adalah karies gigi. Karies gigi merupakan penyakit infeksi pada gigi yang merusak struktur gigi. Jika tidak segera ditangani maka bisa jadi gigi Anda berlubang atau parahnya harus dicabut agar infeksi tidak menyebar. Karies gigi bisa disebabkan oleh enamel gigi yang tidak terbentuk sempurna, masuknya bakteri streptococcus mutans dan lactoballi ke dalam mulut, dan faktor-faktor lainnya.

Mengalami sakit gigi memang tidak nyaman dan menyiksa, apalagi jika gigi sudah berlubang dan terdapat ulat di dalamnya. Namun sebelum itu terjadi, ketika sudah terdapat tanda-tanda gigi ngilu, berkedut-kedut, segera atasi. Cara mengobati sakit gigi bisa langsung menuju dokter atau Anda mencoba cara mengobati sakit gigi secara alami seperti yang dirangkum Liputan6.com (13/6).

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cepat Dan Alami


Sakit Gigi

Baca juga :
Cara Mengeluarkan Ulat Pada Gigi Yng Berlubang

1. Garam
Garam dapat digunakan sebagai obati sakit gigi dan membunuh serta mengeluarkan ulat pada gigi yang mujarab. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri dan ulat penyebab gigi berlubang. Garam menjadi antiseptic alami bau kesehatan mulut Anda. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali Anda selesai sikat gigi agar bakteri dan ulat gigi dapat hilang sampai bersih.

2. Lemon
Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri  dan ulat penyebab gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri dan ulat gigi benar-benar hilang.

3. Jeruk nipis
Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dan ulat gigi dalam mulut sehingga kesehatan mulut terjaga. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

4. Belimbing wuluh
Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dan ulat pada gigi berlubang. Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. Tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit atau gigi berlubang.

5. Daun Jambu biji
Daun jambu biji juga ternyata berguna sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu efektif sebagai cara mengobati sakit gigi akibat bakteri dan ulat gigi karena mempunyai antibakteri, antiiflamasi, dan analgesi yang kuat. Yang perlu Anda lakukan hanya menguyah jambu biji. Atau merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

6. Daun sirih
Daun sirih merupakan resep tradisional sejak jaman nenek moyang yang terbukti ampuh sebagai cara mengobati sakit gigi. Apakah Anda pernah melihat nenek atau kakek Anda menguyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah. Yang mereka kunyah adalah daun sirih. Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai antiseptik alami. Anda bisa menggunakannya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur.

7. Bawang merah
Bawang merah mengandung antiseptic alami yang efektif membunuh kuman. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

8. Bawang putih
Bawang putih sama dengan bawang merah berguna sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan sdt garam lalu tempelkan pada gigi yang terasa sakit.

9. Asam jawa
Asam jawa juga merupakan salah satu bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai antiseptic alami. Caranya adalah dengan menyangrai biji asam jawa lalu tempelkan pada gigi yang terasa sakit.

10. Cengkeh
Cengkeh juga satu dari banyak bahan alami yang dapat mengobati sakit gigi. Caranya adalah dengan menumbuk halus cengkeh kemudian tempelkan pada gigi yang terasa sakit.

11. Merica
Merica berguna sebagai cara mengobati sakit gigi karena ulat gigi karena mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. Caranya adalah dengan mencampur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang terasa sakit.

12. Serai
Serai dapat digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi yang alami. Selain itu, serai juga dapat digunakan untuk mencegah pembengkakan gusi. Caranya dengan merebus dua tangkai serai dengan segelas air. Lalu biarkan hingga air berkurang. Kemudian gunakan untuk berkumur.

13. Jahe
Ada kandungan antibakteri yang berfungsi membunuh ulat gigi dab bakteri dalam mulut. Caranya adalah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

14. Getah jarak
Getah jarak mengandung antiseptik, antibakteri, dan antibiotik yang tinggi. Caranya adalah dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang terasa sakit.

15. Air kelapa
Air kelapa juga berguna sebagai antiseptic alami. Berkumurlah dengan menggunakan air kelapa alami setiap sesudah menggosok gigi.

Saat sakit gigi menyerang, obati terlebih dahulu dengan cara alami di atas. Jika belum sembuh juga, baru Anda bisa mengunjungi dokter gigi.

Sumber : Liputan6.com
https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/3558090/15-cara-mengobati-sakit-gigi-tanpa-perlu-pergi-ke-dokter-gigi
Gigi Penyakit Tips Sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel