8 Penyebab Janin Tidak Bergerak Aktif Seperti Biasanya

8 Penyebab Janin Tidak Bergerak Aktif Seperti Biasanya
Penyebab Janin Tidak Bergerak Aktif Seperti Biasanya dan Malas Bergerak

Ibu bisa merasakan kehadiran janin (bayi) di dalam perut, ketika ia mulai menendang dalam kandungan, walaupun kadang terasa menyakitkan. Janin yang aktif bergerak terus-menerus merupakan tanda bahwa bayi dalam keadaan yang sehat. Biasanya janin suka menendang di usia kehamilan 18-22 minggu. Dan, setelah itu mungkin ibu akan mulai merasakan gerakan janin berkurang. Namun, jika tiba tiba janin tidak bergerak seharian dalam kandungan, tentu hal ini membuat ibu khawatir mengapa janin malas bergerak dan apa penyebab gerakan janin berkurang?

Penyebab Gerakan Janin Berkurang dan Malas Bergerak

Jangan khawatir dulu, bu. Meski pada umumnya janin bisa terus menerus bergerak seharian, kurang lebih sepuluh kali dalam 12 jam, kadang juga gerakan janin berkurang dan malas bergerak. Ini adalah hal yang normal. Namun, jika pergerakan janin berhenti dan tiba tiba tidak bergerak dalam waktu yang lama, mungkin Anda harus memeriksakannya ke dokter kandungan.

Berikut ini beberapa penyebab gerakan janin berkurang atau janin tidak bergerak pada timester ke 3:

1. Posisi bayi
Hal ini juga dapat memengaruhi seberapa besar ibu bisa merasakan pergerakan janin. Jika posisi janin berada mendekati tulang belakang ibu, mungkin gerakan yang dibuat janin tidak sampai ke perut ibu sehingga ibu kurang bisa merasakan pergerakannya. Namun, seiring dengan perkembangan janin yang bertambah besar, ibu mungkin makin bisa merasakan tendangan janin.

2. Janin/Bayi tidur
Ya, janin juga mempunyai jam tidur sejak masih dalam kandungan sehingga membuat janin berhenti bergerak. Janin tidur biasanya berlangsung selama 20-40 menit atau lebih (tapi tidak lebih dari 90 menit). Saat janin tidur, tentu janin tidak bergerak. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika selama waktu ini Anda tidak dapat merasakan pergerakan janin.

3. Ibu stres atau masalah nutrisi
Saat ibu stres, hormon stres dilepaskan oleh tubuh ibu. Dan, ini bisa memengaruhi kurangnya pergerakan janin. Janin mungkin akan malas bergerak. Selain itu, dehidrasi atau puasa (atau ibu membatasi asupan makannya) juga dapat menyebabkan gerakan janin berkurang. Hal ini karena makanan yang ibu makan memberi energi pada janin untuk bergerak.

4. Janin/Bayi mengalami keterbatasan pertumbuhan
Keterbatasan pertumbuhan dalam rahim dapat dilihat dari ukuran janin yang lebih kecil dari ukuran janin normal pada usia kandungan sama. Janin yang kecil mungkin melakukan gerakan yang sama jumlahnya dengan janin normal, tapi mungkin ibu tidak bisa merasakannya.

5. Ketuban pecah dini
Air ketuban membuat janin bisa bebas bergerak terus menerus di dalam kandungan. Namun, jika air ketuban makin lama makin sedikit (seperti saat usia kandungan sudah mendekati waktu kelahiran) atau jika ketuban pecah dini, hal ini dapat membatasi gerakan bayi. Ketuban pecah dini bisa menyebabkan masalah pada janin.

6. Hipoksia
Hipoksia merupakan kondisi saat janin mengalami kekurangan oksigen. Hal ini bisa disebabkan oleh tali pusar janin yang tertekuk atau terlilit, sehingga oksigen tidak bisa diantarkan dengan baik ke janin. Hipoksia bisa menyebabkan efek jangka panjang pada otak dan perkembangan janin secara keseluruhan. Saat janin mengalami hipoksia, biasanya gerakan janin berkurang dan tiba-tiba berhenti gerakannya untuk menghemat energi.

7. Abrupsio plasenta
Abrupsio plasenta adalah kondisi di mana plasenta terpisah dari dinding rahim. Pada kasus yang parah, hal ini dapat membatasi aliran oksigen dan nutrisi ke janin. Jika dibiarkan, hal ini tentu dapat menyebabkan janin meninggal dalam rahim dan tiba-tiba janin tidak bergerak. Sehingga, jika abrupsio plasenta terjadi, janin harus segera dilahirkan, terlebih jika usia kandungan sudah besar.

8. Janin/Bayi meninggal dalam kandungan (bayi lahir mati)
Bayi lahir mati bisa terjadi setelah usia kandungan lebih dari 20 minggu, tapi biasanya lebih sering terjadi pada usia kandungan 28 minggu. Menurut American Pregnancy Association, 50% ibu yang melahirkan bayi lahir mati mengalami tanda-tanda penurunan pergerakan janin secara bertahap selama beberapa hari sebelum bayi meninggal dalam kandungan.

Segera periksa ke dokter jika merasa gerakan janin berkurang dan bayi malas bergerak

Jumlah gerakan yang dibuat janin mungkin bisa berbeda-beda antar janin. Janin yang normal biasanya dapat membuat 10 gerakan selama dua jam atau kurang pada usia kehamilan 28 minggu atau lebih. Jika Anda merasa khawatir pergerakan janin berkurang, sebaiknya istirahat, minum air, dan makan (terutama makanan manis). Hal ini dapat memberi energi pada janin untuk bergerak.

Namun, jika janin berhenti bergerak seharian dalam waktu lama dan tiba tiba janin tidak bergerak, mungkin Anda perlu memeriksakannya ke dokter. Segera periksakan diri Anda ke dokter jika merasakan gerakan bayi atau janin berkurang atau berhenti dalam waktu yang lama.

sumber: hellosehat.com Ibu Dan Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel