4 Masalah Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

4 Masalah Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya
4 Masalah Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Masalah Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya - Kehadiran si Buah Hati dalam janin sudah tentu menyebabkan terjadinya perubahan bentuk tubuh Ibu dan sering kali timbul masalah pada ibu hamil seperti mual, muntah, pusing, kaki bengkak, sembelit dan lainnya. Selain bentuk badan yang semakin membesar, masih banyak hal lain yang akan Ibu rasakan.

Berikut ini adalah beberapa masalah pada ibu hamil yang biasa muncul di saat sedang hamil dan cara mengatasinya:

4 Masalah Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

1. Pusing pada ibu hamil
Pusing Pada trimester pertama, kebanyakan ibu akan mengalaminya disertai rasa mual ketika hamil. Ini disebabkan oleh terjadinya perubahan hormon. Pusing pada timester pertama semacam ini tak akan lama dan akan hilang dengan sendirinya.
Maka sebaiknya Ibu hamil tak usah minum obat, cukup dengan beristirahat atau berbaring di tempat tidur. Meski demikian ada kemungkinan pusing Ibu hamil alami disebabkan oleh alasan lain, misalnya karena flu.

Cara mengatasinya, Ibu bisa minum obat flu yang sangat ringan. Pusing juga disebabkan oleh problem emosional, ketegangan atau kelelahan. Selama ibu hamil masih mampu mengatasinya dengan istirahat, Ibu tidak perlu minum obat. Namun bila sangat mengganggu apalagi disertai dengan perubahan penglihatan, misalnya kunang-kunang atau seakan-akan ada kilatan cahaya, berkonsultasilah ke dokter.
 
2. Kaki bengkak pada ibu hamil
Pada bulan-bulan terakhir usia kehamilan, volume darah meningkat sehingga kadang-kadang terlihat tanda-tanda tekanan darah tinggi yang salah satunya adalah kaki bengkak saat hamil.

Cara mengatasinya: Kurangi makan garam dan sering-seringlah beristirahat. Saat kaki bengkak, luruskan dan angkat kaki agak ke atas
 
3. Mual dan muntah ketika hamil
Orang sering menyebutnya "morning sickness" karena masalah mual dan muntah ini biasanya dialami pada ibu hamil saat pagi hari, saat perut masih kosong. Namun tak jarang pula munculnya siang maupun malam hari. Kelihatannya memang aneh, sebab hanya karena bau sabun, pasta gigi atau minyak wangi, ibu bisa mual dan muntah-muntah. Bahkan kadang-kadang makanan yang dulu menjadi favorit kini disingkirkan karena tak tahan aromanya. Sudah menjadi kodrat alam, tak ada obat khusus yang dapat mencegah muntah dan mual ini.

Cara mengatasinya : Untuk mengurangi rasa mual, Ibu hamil bisa makan makanan kecil ketika bangun tidur. Ibu juga dianjurkan lebih sering minum air putih. Biasanya keluhan ini akan menghilang pada akhir bulan ke 4 usia kehamilan.
 
4. Sembelit saat hamil
Kemungkinan terjadinya masalah sembelit pada ibu hamil sebenarnya dimulai saat awal kehamilan, sebab hormon progesteron pada waktu hamil menyebabkan relaksasi usus. Hal ini mengakibatkan daya dorong usus terhadap sisa makanan berkurang. Sisa makanan menumpuk dan terjadilah sembelit.
Sembelit juga disebabkan oleh kandungan zat besi pada tablet yang ibu konsumsi, atau oleh kebiasaan suka menahan buang air besar.

Cara mengatasinya, perbanyaklah memakan sayuran dan buah-buahan yang berserat. Ibu hamil harus mendisplinkan diri agar teratur ke belakang setiap hari. Satu lagi yang penting, minumlah air putih minimal dua liter setiap hari.

Nah itulah beberapa masalah pada ibu hamil dan cara mengatasinya, jika terjadi sesuatu yang lebih serius segera konsultasikan ke dokter kandungan anda. Semoga bermanfaat.. Ibu Dan Anak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel