Daun Binahong Untuk Obat Apa? Berikut Beberapa Manfaat Daun Binahong

Daun Binahong Untuk Obat Apa? Berikut Beberapa Manfaat Daun Binahong
Daun Binahong Untuk Obat Apa? Berikut Beberapa Manfaat Daun Binahong


Daun Binahong Untuk Obat Apa – Daun binahong merupakan bagian dari tanaman binahong yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan juga banyak dimanfaatkan oleh industri obat-obat herbal, serta sering juga digunakan oleh para penduduk desa yang sudah mengenal khasiat dari daun binahong ini. Pasti Anda bertanya-tanya daun binahong untuk obat apa dan bisa mengobati penyakit apa saja? Disini saya akan membahas tentang manfaat daun binahong untuk obat alami.

Kandungan zat yang ada di dalam binahong mempunyai kandungan zat yang baik untuk membantu mengatasi masalah kesehatan. Kandungan zat kimia yang ada di dalamnya adalah saponin, alkaloid, dan polifenol. Saponin adalah salah satu senyawa aktif pada permukaan dan mempunyai sifat seperti sabun. Pencarian senyawa saponin ini akan memberikan suatu hasil yang lebih baik lagi sebagai zat antibakteri jika menggunakan pelarut polar misalnya seperti etanol 70%.

Selain beberapa senyawa diatas, kandungan lain dari daun binahong adalah minyak atsiri. Minyak atsiri bisa berasal dari setiap bagian tanaman, misalnya dari daun, bunga, biji, batang dan juga kulit serta akar atau rhizomanya. Manfaat dari minyak atsiri yang ada di dalam daun binahong bisa digunakans ebagai bahan antiseptik alami internal dan juga ekesternal, selain itu sebgai bahan analgesik, hemolitik, dan enzimatik, sedatif, stimulan, obat sakit perut, dan sebagai bahan pewangi komestik dan juga sebagai bahan untuk sabun.

Sekali lagi jika anda bertanya Daun binahong buat obat apa? Dan apa manfaat daun binahong? 

1. Daun binahong untuk mengobati sakit maag

Daun binahong yang memiliki banyak manfaat yang salah satunya dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan sakit maag. Dengan memanfaatkan daun binahong yang direbus dengan takaran 5-7 lembar daun binahong dan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan saring. Kemudian minum 3 kali sehari sebelum makan.

2. Daun binahong untuk menghilangkan jerawat

Selain untuk mengobati sakit maag, daun binahong juga dapat digunakan untuk mengobati dan menghilangkan jerawat. Dengan memanfaatkan daun binahong 5 lembar atau lebih. Kemudian cuci dan tumbuk hingga halus. Oleskan pada wajah yang berjerawat. Tumbukan daun binahong akan lebih maksimal bila digunakan pada malam hari sebelum tidur. Gunakan secara teratur setiap hari untuk hasil yang maksimal. Daun Binahong Untuk Obat Apa

3. Daun binahong untuk menyembuhkan luka

Berbagai jenis tumbuhan herbal memiliki banyak manfaat yang salah satunya untuk menyembuhkan luka, baik luka bakar ataupun luka dalam. Daun binahong memiliki manfaat sebagai obat untuk mengobati luka bakar, luka akibat benda tumpul, luka memar, luka bengkak, untuk menghilangkan luka bekas i operasi atau terkena benda tajam.
Dengan memanfaatkan beberapa lembar daun binahong, kemudian tumbuk hingga halus, lalu oleskan secara merata ke bagian tubuh atau kulit yang terkena luka. Agar tidak terkena infeksi, setelah luka dioleskan daun binahong, balur dengan perban atau kain bersih agar tidak terjadi kontaminasi infeksi atau terserang bakteri lain.

4. Daun binahong unutk meningkatkan stamina dan mengembalikan vitalitas tubuh

Binahong juga memiliki sifat aprodisiak yang mampu membangkitkan stamina dan vitalitas khususnya bagi para pria. Daun binahong juga deirng djadikan sebagai ramuan obat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh pria, terutama bagi pria yang mengalami masalah anu. Heee...

Daun binahong juga cocok digunakan atau dikonsumsi untuk menambah tenaga bagi mereka yang pekerja keras agar tidak cepat lelah.

Khasiat dan manfaat daun binahong tak hanya untuk pengobatan itu saja, daun binahong menyimpan segudang manfaat dan khasiat lainnya sebagai obat herbal alami yang sudah digunakan sejak lama untuk mengobati dan menyembuhkan beberapa penyakit, seperti :

1. Mengatasi mimisan
2. Mengatasi diabetes mellitus atau penyakit kencing manis
3. Mengatasi patah tulang
4. Mengatasi sakit perut
5. Mengobati radang ginjal akut
6. Mengobati usus bengkak
7. Mengurangi gatal-gatal akibat eksim kulit
8. Mengatasi dan meringankan sesak napas
9. Melancarkan sirkulasi darah
10. Menormalkan dan mengendalikan tekanan darah
11. Menghangatkan tubuh
12. Mengobati pusing kepala
13. Menghilangkan sariawan akut
14. Mengatasi penyakit paru-paru
15. Mengatasi wasir/ambeien
16. Mengatasi gusi bedarah dan bengkak
17. Mengatasi darah rendah
18. Mencegah dan mengobati sakit maag, asma urat
19. Mencegah stroke
20. Mengobati penyakit disentri
21. Menghilangkan bekas luka akibat operasi, benda tajam atau memar

Anda dapat meracik daun binahong untuk obat alami dengan olahan sendiri sebagai ramuan herbal untuk mengobati penyakit. Dan sekarang Anda sudah tahu manfaat daun binahong untuk obat apa? Semoga bermanfaat !
Herbal Alami Manfaat Daun Tips Sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel