14 Cara Mengobati Mata Minus/Rabun Jauh Secara Alami Tanpa Operasi

14 Cara Mengobati Mata Minus/Rabun Jauh Secara Alami Tanpa Operasi
Mengobati mata minus

Cara Mengobati Mata Minus/Rabun Jauh Secara Alami Tanpa Operasi – Di artikel sebelumnya yang bisa anda baca di sini, kita sudah bahas cukup lengkap mengenai pengertian rabun jauh, penyebab, gejala, dan cara menyembuhkannya. Intinya kelainan yang biasa disebut mata minus ini adalah kondisi di mana cahaya yang ditangkap tidak bisa terfokus tepat di retina. Hal tersebut terjadi karena bentuk bola mata yang terlalu panjang atau lengkungan yang terlalu cembung. Akibatnya pandangan menjadi buram saat melihat benda jarak jauh.

Sedangkan gejala atau tanda-tanda seseorang menderita penyakit yang dalam bahasa medis dikenal sebagai miopia ini antara lain harus menyipitkan mata saat memaksakan melihat obyek jarak jauh, kepala terasa sakit atau pusing saat melihatnya dengan waktu lama, berkedip lebih sering, dan tidak jarang tidak menyadari keberadaan benda-benda tersebut. Jika anda, teman, atau keluarga yang mempunyai gejala yang sama, segeralah periksakan ke dokter.

Sedangkan cara menyembuhkan rabun jauh, di artikel kemarin pula saya sudah sampaikan. Antara lain dengan menggunakan kaca mata cekung atau lensa kontak, operasi untuk membenahi bentuk kornea, dan yang terakhir dengan memasang implantasi lensa buatan. Oke, ketiganya bukanlah pengobatan alami. Di samping mahal, bisa juga ada efek samping fatal.

Namun tenang saja, jika anda mengobati mata minusnya di dokter mata yang terpercaya, efek samping tersebut bisa sangat minim. Bahkan, asal operasi bedah dilakukan di umur yang belum tua, rabun jauh tersebut bisa ada perubahan baik yang sangat Signifikan.

Tapi kalau anda ingin tetap mengetahui obat alami apa saja yang bisa mengobati mata minus tanpa kaca mata dan operasi secara alami, berikut inilah daftarnya.

14 Cara Mengobati Mata Minus Atau Rabun Jauh Secara Alami

Sebelum lanjut, saya ingin tekankan dulu bahwa mengobatai mata minus atau rabun jauh secara alami di bawah ini tidak serta merta bisa menyembuhkan 100% dalam waktu singkat. Sifatnya hanyalah mencegah bagi yang belum, menghambat dan mengurangi bagi yang sudah terlanjur mengidap miopia ini. Ya semoga saja dengan mengobatinya dengan rutin, sedikit demi sedikit dan tentu pula diiringi doa, rabun jauh anda akan membaik.

1. Konsumsi makanan yang memberikan nutrisi sehat untuk mata

Selain tubuh, mata juga membutuhkan nutrisi untuk kesehatannya. Jenis nutrisi yang dibutuhkan antara lain vitamin A, vitamin E, beta-karoten, dan zinc. Nutrisi-nutrisi ini bisa anda dapatkan dari makanan yang berasal dari alam yang bisa kita konsumsi setiap hari. Seperti misalnya wortel, ikan salmon, kol, bayam, telur, tomat, dan sebagainya.

2. Lepas kaca mata jika tidak begitu diperlukan

Memiliki penyakit rabun jauh tingkat sedang memang perlu menggunakan kaca mata setiap hari. Tidak hanya sedang kerja dan membaca saja, saat jalan-jalan dan melakukan aktivitas lainnya pun perlu memakai kaca mata. Namun penggunaan kaca mata yang terus menerus seperti ini membuat pandangan mata kita lebih fokus ke lensa kaca mata tersebut.

Maksudnya, bila ingin melihat ke samping, kita lebih sering memutar leher dari pada memutar bola mata. Akibatnya otot mata menjadi lebih kaku. Dengan melepas kaca mata di saat yang tidak begitu diperlukan diharapkan bisa membantu melatih otot-otot yang ada di mata.

3. Sering – sering mengganti obyek pandangan

Poin ini hampir sama seperti di atas. Saat kita fokus ke satu pandangan (misalnya saat menatap layar komputer) bola mata kita akan sedikit berolahraga. Akibatnya otot menjadi kaku.

Cara mengatasinya bisa anda sesekali mengganti obyek pandangan. Luangkan beberapa menit setiap 15 menit sekali untuk memalingkan pandangan dan beralihlah melihat benda lain yang letaknya lebih jauh. Setelah itu, barulah lanjutkan kembali pekerjaan anda.

4. Sering-seringlah menatap obyek jauh yang berwarna hijau dan sejuk lainnya

Ini masih lanjutan dari atas tadi. Selain mengganti pandangan dengan obyek yang jauh, disarankan pula untuk memilih obyek yang berwarna hijau atau benda lainnya yang sejuk. Seperti misalnya daun-daun di taman di luar ruangan, kolam, air mancur, air terjun, dan sebagainya.

5. Latih mata dengan melihat benda-benda yang bergerak

Cara mengurangi mata minus atau rabun jauh selanjutnya iyalah anda bisa melatih mata anda untuk melihat benda-benda yang bergerak. Seperti misalnya mengamati ikan berenang di akuarium, daun-daunan yang ditiup angin, kendaraan berjalan, orang lalu lalang, dan sebagainya.

6. Lakukan terapi daun sirih

Manfaat daun sirih sangat banyak untuk mengobati berbagai macam penyakit mata seperti belekan, timbilan dan sebagainya. Sifatnya yang bisa membersihkan kotoran, mengobati iritasi, membunuh kuman dan bakteri lah yang membuat daun sirih bisa dijadikan obat. Tidak terkecuali juga untuk mata minus atau rabun jauh ini.

Cara terapi mata minus atau rabun jauh dengan menggunakan bahan alami daun sirih ini sangat gampang. Pertama siapkan 2 lembar daun sirih. Lalu cuci sampai bersih. Tanpa perlu direbus, tempelkan lembaran daun sirih itu ke masing-masing mata sebelum tidur. Kita bisa menggunakan bantuan plester agar bisa menempel sampai menjelang bangun tidur saat pagi besok. Jika sudah bangun, lepaskan daun dan cuci muka atau mandi seperti biasanya.

7. Lakukan terapi lilin

Selain daun sirih, lilin juga bisa kita gunakan untuk terapi mengobati mata minus atau rabun jauh. Tapi ingat, fungsi lilin disini bukan untuk ditempelkan di mata. Cukup dilihat-lihat saja.

Lebih tepatnya, caranya adalah sebagai berikut. Siapkan dulu sebatang lilin. Lalu nyalakan dan dirikan di atas meja.

8. Senam mata

Mencoba mengurangi mata minus atau rabun jauh dengan mengalihkan pandangan sesekali saat kerja belum dibilang olah raga mata sepenuhnya. Jika ingin melakukannya dengan lebih baik, lakukanlah senam mata dengan cara berikut ini.

  • Tatap lurus ke depan.
  • Arahkan pandangan ke atas perlahan – lahan dan tahan 10 detik.
  • Kembalikan pandangan ke depan lagi dan tahan 10 detik juga.
  • Selanjutnya, lalu ke samping kiri. Tahan 10 detik juga.
  • Setelah kembali ke depan, dilanjut ke kanan. Prosesnya sama, pelan-pelan dan tahan 10 detik.
  • Gerakan bola mata memutar 360° searah jarum jam 2 kali.
  • Kembali ke tengah, tahan 10 detik lagi.
  • Lakukan gerakan memutar lagi, kebalikan arah jarum jam. 2 kali juga.
  • Istirahatkan mata dengan teknik eye palming
  • Lakukan senam mata seperti ini saat pagi dan sore.


9. Istirahatkan mata dengan teknik eye palming

Caranya:

  • Gosok-gosokan kedua telapak tangan sampai terasa hangat.
  • Tutup mata dan tempelkan telapak tangan yang sudah hangat tadi.
  • Usahakan agar tidak ada cahaya luar yang masuk.
  • Lakukan sampai mata terasa rileks.
  • Anda bisa kapan saja melakukan teknik ini setiap mata anda terasa penat.


10. Kompres mata dengan air hangat

Sediakan air hangat dalam wadah. Ambil handuk bersih dan lembut. Lalu celupkan ke air, peras sedikit dan tempelkan pada mata yang sebelumnya anda tutup dulu. Kompres mata ini bisa membuat mata anda merasa sangat nyaman

11. Olah raga dan berjemur

Olahraga akan membuat peredaran darah lancar ke seluruh tubuh. Sedang berjemur bisa membuat anda mendapatkan asupan vitamin D dari terik matahari. Namun perlu diingat adalah lakukan berjemur hanya saat pagi hari saja.

Jika ingin memanfaatkan hangatnya matahari ke mata, tutuplah mata dulu. Barulah arahkan ke pandangan matahari. Anda juga bisa sambil senam leher, menggerak-gerakan ke kanan dan ke kiri agar peredaran darah di sekitar ikut lancar.

12. Pijit mata

Pijat mata juga bisa membuat mata anda terasa nyaman. Untuk melakukannya, sebaiknya minta ajari orang yang benar-benar mengerti tekniknya. Saya di sini cuma bisa memberikan gambar berikut,



13. Hindari kebiasaan buruk dan makanan makanan yang kurang baik untuk mata

Untuk membantu mengobati atau setidaknya mengurangi mata minus, hindarilah pola hidup yang tidak sehat seperti merok0k, minum alkohol, lingkungan polusi buruk, minum kafein berlebihan, cemilan manis banyak mengandung gula, dan gorengan.

14. Jus wortel, belimbing, dan buah bit

Ketiga jus dari buah ini jika dikonsumsi secara kombinasi (diblender terpisah namun diminum bersamaan) dipercaya sangat ampuh untuk mengobati mata minus atau rabun jauh.

Minumlah jus buah belimbing, wortel, dan buah bit, masing-masing ¼ gelas pagi dan sore. Dalam jangka 6 bulan biasanya hasil sudah mulai terlihat.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas cara mengobati mata minus atau rabun jauh secara alami tanpa operasi dan tanpa kaca mata. Semoga apa yang sudah saya tulis di atas bisa menambah wawasan anda. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di bawah ini. Penyakit Tips Sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel