Penyebab dan 5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami

Penyebab dan 5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami
Bau mulut merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi setiap orang terutama jika kita sedang menjalankan puasa. Ada beberapa cara sederhana yang dapat kita gunakan untuk mengidentifikasi apakah mulut kita bau. Yang pertama yaitu menghembuskan nafas melalui mulut ke tangan sehingga kita bisa merasakan nafas kita. Yang kedua yaitu jilat telapak tangan kita, setelah air liur mengering cium apakah bau atau tidak. Apabila terjadi bau  yang tidak sedap berarti Anda punya masalah dengan bau mulut.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami

Sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan bau mulut. Cara paling mudah ialah dengan rutin menggosok gigi sehingga tidak ada sisa makanan yang tertinggal yang menjadikan penyebab bau mulut.

Namun tahukah anda selain menggosok gigi ternyata ada beberapa bahan rempah yang mampu meghilangkan bau mulut tak sedap.

Berikut 5 Bahan Alami Yang Mampu Menghilangkan Bau Mulut

1. Menghilangkan bau mulut dengan Jahe

Air rebusan jahe berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut tak sedap, berkat senyawa gingerol yang bersifat antibakteri. Untuk membuat rebusan jahe, caranya sangat mudah. Cukup rebus jahe dengan airnya selama 15 menit, lalu minum airnya saat sahur atau menjelang tidur.

2. Menghilangkan bau mulut dengan Cengkeh

Cengkeh mengandung senyawa atsiri yang berfungsi sebagai antibakteri untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Cengkeh bisa dikonsumsi langsung dengan mengunyah beberapa batang cengkeh hingga napas terasa segar, atau bisa juga dijadikan teh, yaitu dengan cara merebus batang cengkeh di dalam air, lalu diminum.

3. Menghilangkan bau mulut dengan Kayu manis

Harumnya aroma kayu manis dapat menetralisir bau tak sedap di mulut. Kayu manis mengandung senyawa cinnamic aldehyde atau sejenis minyak essens yang mampu membunuh bakteri sekaligus menyegarkan napas. Cara pemakaianya adalah dengan merebus satu sendok bubuk kayu manis atau beberapa batang kayu manis di dalam air secukupnya hingga kecokelatan, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

4. Mengatasi bau mulut dengan Kunyit

Mengunyah kunyit bukan saja dapat memutihkan gigi, tetapi dapat mengatasi masalah gigi dan gusi yang menjadi penyebab bau mulut. Caranya, cuci kunyit hingga bersih, lalu kupas dan potong-potong, kemudian kunyah hingga napas terasa segar.

5. Mengatasi bau mulut dengan Kencur

Kencur bukan saja berkhasiat menghilangkan bau badan, tapi juga bisa mengatasi dan menghilangkan bau mulut. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengunyah kencur yang sudah dibersihkan selama beberapa menit, lalu buang ampasnya. Lakukan setiap hari sebelum tidur selama bulan puasa.

Demikianlah tentang cara menghilangkan bau mulut tak sedap secara alami. Semoga bermanfaat..
Gigi Tips Sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel